Mahasiswa Profesi Apoteker Unpad Jadi Penyaji Terbaik di Asean Youth Conference, Malaysia

0
242
unpad.ac.id

KARAWANG, presidentpost.id – Empat mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker Universitas Padjadjaran berhasil meraih penghargaan penyaji terbaik (best presenter) dalam acara ASEAN Youth Conference, di International Islamic University, Malaysia, 22 September lalu.

Empat mahasiswa tersebut, Alsya Utami Rahayu, Irma Rahayu Latarissa, Mega Hijriawati, dan Yuda Hardianto mengangkat penelitian berjudul “Molecular Docking Studies on Secondary Metabolites of Indonesia Herbal Medicine to Reduces PPAR α/γ on Type II Diabetes Mellitus”. Penelitian ini mengenai pengembangan potensi tanaman herbal asli Indonesia sebagai obat Diabetes Mellitus dengan menggunakan Molekular Docking.

Saat mengikuti kegiatan, Yuda berhalangan hadir sehingga tim yang berangkat hanya Alsya, Irma, dan Mega saja. Ketiga masuk ke dalam klaster “Natural Science and Medicine”. Sistem presentasi yang diusung dalam koneferensi tersebut  berjenis Three Minute Thesis (3MT) Competition.

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad, 3MT Competition merupakan suatu kompetisi akademik untuk mengkomunikasikan penelitian dalam waktu 3 menit. Hal ini menarik dikarenakan 3MT® menuntut peneliti untuk dapat cerdas mengkompresi begitu banyak hal yang harus dijelaskan dalam penelitian hanya dengan 1 slide.

Alsya ditunjuk untuk mempresentasikan makalah dalam waktu 3 menit dengan tampilan 2 slide presentasi yaitu slide judul dan penelitian. Selanjutnya, telah dipresentasikan nantinya akan dipublikasi dalam bentuk Prosiding Internasional (ISSN). (UNPAD/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here