Napak Tilas ke Tempat Kelahiran Google 20 Tahun Lalu

0
149
foto : cnnindonesia.com

JAKARTA, presidentpost.id – Google merayakan ulang tahun ke-20 pada Kamis (27/9). Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini awalnya dikembangkan di sebuah garasi milik CEO YouTube Susan Wojcicki di Menlo Park, California pada 4 September 1998 — meski ulang tahunnya dirayakan setiap tanggal 27 September.

Untuk mengenang perjalanan dua dekade, raksasa pencarian ini menampilkan garasi milik Wojcicki lewat tur street view.

Pengguna Google diajak napak tial secara virtual melihat tempat sekaligus menjadi markas pertamanya. Setiap sisi garasi dan bagian dalam rumah bisa ditelusuri lewat tur virtual ini.

erlihat tampilan garasi dan rumah didesain sama persis seperti saat Google peratma kali dilahirkan. Tampak banyak gadget jadul di era ’90-an dan memorabilia yang tersebar di seluruh penjuru rumah.

Selain bisa melihat jejak perjuangan awal Google, di ulang tahunnya kali ini pengguna bisa melihat perjalanan perusahaan lewat desain terbaru Google Images. Perusahaan ini memperkenalkan algoritme baru dalam mesin pencarian gambarna untuk menunjukkan konten yang dicari oleh pengguna.

Saat ini, Google hadir lebih dari 150 bahasa di lebih dari 190 negara. Tak sedikit ada istilah “mbah Google” yang menginterpretasikan Google tahu segala hal. Segala hal yang ingin diketahui bisa diketik di Google.

Google sebelumnya telah menghadirkan video doodle animasi pendek berdurasi sekitar 1 menit yang menceritakan perjalaan penjelajahan perusahaan hingga menjadi terpopuler di seluruh dunia.

Video tersebut menunjukkan pencarian populer di berbagai negara. Indonesia muncul di video dengan pertanyaan “apakah itu selfie?”. Pengguna tinggal mengklik logo ‘play’ di doodle logo Google, dan video berdurasi 1 menit lebih tersebut akan bermain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here