Gubsu Imbau Mahasiswa dan Sivitas Akademika USU Giat Menulis

0
205
usu.ac.id

KARAWANG, presidentpost.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu),  Edy Rahmayadi, memotivasi dan mengajak para mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) untuk berkontribusi dalam pembangunan Sumatera Utara (Sumut) melalui sumbangan-sumbangan pemikiran yang diperoleh selama duduk di bangku kuliah.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan kata sambutan dalam Pembukaan Kegiatan Dies Natalies ke-66 Universitas Sumatera Utara, di Gedung Pancasila Jalan Universitas Kampus USU Padang Bulan Medan, Minggu (30/9)

“Kami, pemerintah ini sesungguhnya hanya sebagai pelaksana saja. Tapi referensi, riset, dan pusat pengetahuan itu adanya di sini, di universitas. Untuk itu, anak-anakku mahasiswa, tuntutlah ilmu dengan benar dan sungguh-sungguh. Pergunakan ilmu itu untuk menjadi solusi permasalahan yang ada di Sumut, bukan untuk merusak,” ujar Edy Rahmayadi yang pada pagi harinya juga melepas peserta USU Color Run 2018 dan ikut berjalan pagi bersama para unsur pimpinan USU.

Ke depan, Edy berharap agar mahasiswa-mahasiswa yang ada di tingkat akhir dapat menyusun karya tulis yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang ada di tengah masyarakat Sumut. Kemudian, karya tulis tersebut akan dijadikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sebagai referensi dalam menyusun program kerja.

“Saya sedang fokus jadikan Sumut provinsi agraris. Kalau kalian punya ide-ide dan inovasi dalam pertanian, kalian tuliskan. Selain bisa menghasilkan produk-produk pertanian yang unggul, hal ini tentunya juga akan berdampak pada kesejahteraan petani-petani di Sumut,” katanya.

Kepada mahasiswa, Edy juga berpesan untuk selalu menumbuhkan rasa cinta dan bangga kepada daerah. Edy mengingatkan agar di masa depan para mahasiswa, khususnya yang berasal dari Sumut, bersedia kembali dan membangun daerah.

“Kalian harus bisa jadi pemimpin di daerah sendiri. Dan kalau bisa, pemimpin-pemimpin Sumut di masa depan itu yang muda-muda. Jangan seperti kami lagi, yang tua-tua ini,” canda Edy.

Edy berharap kegiatan jalan sehat seperti USU Colour Run 2018 akan terus ada. Hal ini bermanfaat untuk menumbuhkan suasana akrab dan kebersamaan antara mahasiswa, dosen, rektor dan jajaran pengurus di USU melalui kegiatan yang santai dan tidak formal. Di sela sambutannya,  Edy juga mengajak seluruh orang yang hadir untuk mengheningkan cipta dan berdoa bagi saudara-saudara yang tengah tertimpa bencana di Palu dan Donggala.

Di akhir sambutannya, Edy menyampaikan bahwa di antara banyaknya kegiatan yang harus dihadirinya pada hari itu, kegiatan Dies Natalies ke-66 yang digelar USU merupakan prioritas baginya, mengingat betapa strategisnya kebutuhan untuk mendapatkan informasi terakurat mengenai persoalan-persoalan paling kini di Sumatera Utara dari kacamata akademisi dan mahasiswa.

Sementara itu, Rektor  USU  Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang telah menyempatkan waktu untuk menghadiri perayaan Dies Natalis USU.

“Hari ini, kita sangat berbahagia karena mendapat kunjungan kehormatan dari Bapak Gubernur, yang dapat bertatap muka langsung dengan kita dan berjalan kaki santai bersama sembari membicarakan banyak hal untuk pembangunan Sumatera Utara ke depan,” tuturnya.

Runtung menyampaikan bahwa USU akan selalu siap untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan Sumut yang lebih baik. “Kita akan segera mendata apa yang harus kita lakukan. Sebagai langkah awal mungkin akan dimulai pembenahan lingkungan kampus dulu, membenahi ruang terbuka hijau USU sehingga bisa bermanfaat tak hanya bagi civitas akademik tapi juga masyarakat,” jelas Runtung.

Pembukaan kegiatan Dies Natalies ke-66 USU ditandai dengan melepaskan balon-balon ke udara serta menggunting pita bersama yang dilakukan Rektor USU dan Gubsu.

Ketua panitia Dies Natalies ke-66 USU yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas KEdokteran Gigi, Dr Trelia Boel, drg, M Kes, Sp RKG (K) menyampaikan bahwa pada perayaan Dies Natalis kali ini USU menggelar aneka lomba, seperti fashion show, man cooking contest, lomba kreativitas mahasiswa, donor darah, bazaar, dll. Acara berlangsung dari pagi hingga sore hari. (USU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here