Kantor Humas USU Gelar Workshop Fotografi Kehumasan

0
160

KARAWANG, presidentpost.id – Kantor Humas, Promosi dan Protokoler Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Workshop Fotografi Kehumasan 2018 dari tanggal 28 hingga 29 September 2018, bertempat di Mercury Room, Grand Antares Hotel Medan. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari perwakilan staf sekretariat satuan kerja dan staf tata usaha biro rektor USU.  Workshop dibuka oleh Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU, Elvi Sumanti, ST, M Hum, mewakili Sekretaris Universitas USU.

Dalam sambutannya, Elvi Sumanti, ST, M Hum, menyampaikan bahwa dasar pemikiran dari diadakannya kegiatan workshop adalah mengingat banyaknya permintaan pembuatan dan pemuatan berita satuan kerja di website dan media massa oleh fakultas dan satuan kerja yang ada di lingkungan USU. Dengan kondisi tersebut Kantor Humas merasa perlu melatih staf sekretariat mengingat staf humas sendiri sangat terbatas. Setelah ini Kantor Humas juga akan mengadakan kegiatan Workshop Jurnalistik yang diharapkan akan diikuti oleh peserta yang sama, sebagai sebuah kesinambungan informasi dan keterampilan pembuatan berita.

Pada hari pertama pelaksanaan workshop, materi disampaikan oleh Ferdi Siregar, M Ikom, Redaktur Foto Analisa yang telah memiliki banyak pengalaman dalam dunia fotografi. Pencahayaan di dalam fotografi, Etika Fotografi. Ferdi menghadirkan materi Teknik Dasar Fotografi dan Editing Pada Photoshop. Setelah mendapatkan pelatihan ini Ferdi mengharapkan para peserta nantinya dapat menghasilkan foto-foto yang layak muat di web.

Pemateri yang tampil pada hari kedua adalah Irsan Mulyadi, S Sos, fotografer Kantor Berita Antara Medan, yang juga sering memenangkan berbagai lomba fotografi. Irsan menghadirkan materi berjudul Teknik Pemotretan, Komposisi Foto dan Etika. Dalam workshop tersebut, kedua pemateri memberikan beberapa tips-tips seputar pengambilan gambar serta penguasaan kamera DSLR. Mereka mengingatkan kepada paara peserta untuk sesering mungkin menggunakan kamera agar terbiasa dengan fitur-fitur di dalamnya serta mampu mendokumentasikan berbagai acara yang ada di fakultasnya.

Para peserta juga diminta melakukan tugas kelompok dengan mendokumentasikan obyek tertentu, untuk mengetahui sejauhmana para peserta telah menguasai ilmu yang diberikan. PAda hari terakhir pelaksanaan kegiatan, peserta diminta melakukan kerja kelompok dengan memotret berbagai moment yang hasilnya dibahas dan dievaluasi langsung oleh Irsan Mulyadi. (USU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here