Peningkatan Produksi Pertamina EP Asset 3: Demi Ketahanan Energi Nasional

0
148
pertamina.com

CIREBON, presidentpost.id  – Siti Wulandari tak menyangka ia bisa masuk ke dalam lokasi kerja pengeboran minyak di Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field. Ia bersama 26 peserta yang terdiri dari vlogger, blogger, dan media massa nasional  diajak mengetahui lebih jauh bagaimana eksplorasi migas yang dilakukan Pertamina EP Asset 3 Cirebon melalui kegiatan Pertamina Jelajah Energi, pada Selasa (25/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Public Relations Manager Pertamina EP Hermansyah Y. Nasroen menjelaskan,  Pertamina EP  merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bertugas mencari  minyak untuk konsumsi dalam negeri.

“Kami mempunyai tugas utama untuk meningkatkan produksi agar mendukung pencapaian produksi dalam negeri dalam rangka menunjang ketahanan energi nasional. Dengan wilayah kerja seluas 113.629 km2, kami mempunyai banyak peluang untuk terus menggiatkan kegiatan operasi di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Hermansyah.

Salah satu unit operasi yang dimiliki Pertamina EP adalah  Asset 3 Cirebon yang memiliki tiga lapangan, yaitu Tambun Field, Jatibarang Field, dan Subang Field.

“Pada tahun ini, kinerja produksi Asset 3 mencatat kenaikan sebesart 102%. Produksi minyak mencapai angka 12.408 BOPD atau 102 % dari target RKAP 2018 sebesar 12.138 BOPD. Sedangkan produksi gas berhasil mencapai angka produksi 287 MMSCFD. Upaya peningkatan produksi gas terus digiatkan melalui program well intervention,” paparnya.

Selain mendapatkan penjelasan dari Hermansyah, peserta juga mendapatkan pemaparan secara singkat dari Manager External Communication Pertamina Arya Dwi Paramita tentang proses mencari minyak hingga menjadi produk BBM. Penjelasan detil tersebut membuat salah satu blogger muda, Bernavita terkesima. Apalagi setelah menyaksikan langsung proses kerja pengeboran di sumur JTB 118.

“Gak nyangka ya… Cari minyaknya saja susah banget. Ditambah lagi sumber energi ini gak bisa diperbarui. Harus mulai hemat energi nih. Kasihan nanti anak cucu kita gak kebagian. Tapi yang pasti, Pertamina hebat, berjuang memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Indonesia,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Andi Akbar.  “Ini pengalaman luar biasa. Pertamina berhasil meningkatkan produksi untuk mendapatkan minyak yang kita butuhkan. Gue seneng banget ikut acara ini. Wawasan jadi tambah luas,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here