Maybank Indonesia Ekspansi Perbankan Syariah

0
255

YOGYAKARTA, presidentpost.id – PT Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melakukan ekspansi perbankan syariah dengan membuka cabang baru syariah di tiga kota, masing-masing Yogyakarta, Cirebon dan Balikpapan.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria meresmikan pembukaan cabang baru syariah Maybank Indonesia,  Kantor Cabang  Syariah (KCS) Yogyakarta, dengan didampingi Direktur Community Financial Services Jenny Wiriyanto dan disaksikan oleh Kepala OJK Yogyakarta Untung Nugroho, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta Budi Hanoto, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Yogyakartya Sigit Warsita, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, serta nasabah Maybank Indonesia dan perwakilan masyarakat setempat di Yogyakarta.

Dengan potensi perbankan Syariah yang cukup besar, ketiga kota tersebut memperlihatkan pertumbuhan dana pihak ketiga berbasis Syariah yang terus meningkat, dan diyakini akan mampu meningkatkan penetrasi dan customer base Maybank Indonesia khususnya perbankan Syariah.

“Kehadiran Kantor Cabang Syariah di Yogyakarta, Cirebon dan Balikpapan merupakan bagian dari ekspansi Maybank Indonesia dalam memperluas jangkauan layanan perbankan syariah kepada masyarakat, sejalan dengan visi Maybank Indonesia untuk menjadi penyedia layanan keuangan terkemuka di Indonesia dalam melayani komunitas.” kata Taswin Zakaria.

Taswin menambahkan, hadirnya KCS ini diharapkan dapat menjadi pilihan utama masyarakat sekitar dalam mengakses produk dan layanan perbankan berbasis  syariah.  Selain itu, pembukaan KCS ini merupakan wujud komitmen Maybank Indonesia dalam menerapkan strategi Sharia First yang memprioritaskan produk Syariah selama relevan dan sesuai dengan kebutuhan nasabah, baik kepada nasabah baru maupun nasabah existing.

KCS Yogyakarta berlokasi di Jl. Jend. Sudirman no. 48, Yogyakarta, terletak di lokasi strategis di tengah pusat bisnis dan perkantoran serta dekat daerah perumahan, memiliki potensi ekonomi yang besar terutama untuk mendukung sektor industry perdagangan, pengolahan dan penyediaan akomodasi.

KCS Cirebon terletak di Jl. Siliwangi no. 49 Cirebon, berada di tengah pusat pemerintahan dan alun-alun kota Cirebon, dan memiliki potensi perekonomian sebagai daerah yang berkembang pesat terutama sejak dibukanya jalur Cipali dan bandara internasional Majalengka.

KCS Balikpapan berada di pusat kota, di tengah pusat perekonomian dan pemerintahan, berlokasi di Jl. Jend. Ahmad Yani no. 811 Klandasan Ilir Balikpapan Selatan. Dengan didukung fasilitas jasa dan transportasi yang baik serta memiliki bandara internasional dan pelabuhan laut utama di Kalimantan dan wilayah Indonesia timur, Balikpapan memiliki potensi perekonomian yang besar untuk dapat terus berkembang terutama di sektor industri pengolahan, perdagangan dan konstruksi.

Di KCS yang baru, seperti di KCS lainnya, Maybank Indonesia menyediakan produk simpanan Syariah unggulan termasuk Tabungan “MyArafah” yaitu tabungan dengan akad Mudharabah Mutlaqah untuk merencanakan ibadah Haji Reguler atau Umrah sesuai keinginan nasabah dengan sistem setoran bebas atau bulanan dalam mata uang Rupiah atau Dolar AS (USD) dan Tabungan Reguler iB dimana nasabah bisa mendapatkan perlindungan Personal Accident secara gratis yakni sebesar 20 kali saldo akhir bulan sebelum terjadi risiko dengan maksimum manfaat sebesar Rp2 miliar per rekening.

Tentang Maybank Indonesia

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas E-banking melalui Mobile Banking, Internet Banking, Maybank M2U (mobile banking berbasis internet banking), MOVE (Maybank Online Savings Opening) dan berbagai saluran lainnya.

Per 30 Juni 2018, Maybank Indonesia memiliki 390 cabang termasuk cabang Syariah dan kantor fungsional mikro yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negri (Mumbai, India), 20 Mobil Kas Keliling dan 1,595 ATM termasuk CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura dan Malaysia melalui jaringan MEPS. Hingga akhir Juni 2018, Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp113,7 triliun dan memiliki total aset senilai Rp171,7 triliun.(PRS/TPP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here