Aspek Yang Dinilai Dinas Pendidikan Tangerang Dalam Lomba Sekolah Sehat

0
782
foto: tangerangkota.go.id

TANGERANG, presidentpost.id – Salah satu aspek penilaian lomba sekolah sehat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Nah, SDN Cipondoh 3 sebagai juara untuk kategori SD rupanya mempunyai UKS yang oke.

Tak cuma sarana dan prasarana, sekolah yang beralamat di Jalan Manggala 1, Cipondoh Makmur, Cipondoh, mempunyai dokter cilik (dokcil) jempolan. Salah satunya adalah Sintia (12). Siswa kelas VI ini begitu fasih menjelaskan tugasnya sebagai petugas ‘medis’. “Kebetulan kita diajarin penanganan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) oleh Puskesmas, penanganan orang pingsan atau mimisan,” ujar Sintia.

Selain aspek penanganan dasar pasien, Sintia mengaku juga diajari melakukan pencegahan dan pemberantasan jentik-jentik nyamuk di sekolah. Tidak kalah pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Jadi kita diajari bersih dan sehat,” ungkapnya. Untuk menjamin sekolah tetap sehat, para dokcil juga ditugaskan piket. Saat piket, mereka ikut memastikan sekolah terbebas dari jentik nyamuk. “Kita juga melihat kamar mandi apakah bersih atau kotor, tinggal kita laporkan nanti kepada mereka yang saat tuga bertugas membersihkan,” ujarnya.

Sementara, dari sarana dan prasarana, UKS SDN Cipondoh 3 ini mempunyai peralatan antara lain, ruang UKS yang nyaman dan sehat serta dilengkapi berbagai peralatan seperti bed untuk pasien, kursi roda, stetoskop, termometer, hingga obat-obatan. “Tapi masih ada yang kurang seperti kursi panjang, tandu dan lain sebagainya,” ujarnya.

Guru UKS Andarwati menjelaskan, SDN Cipondoh 3 mempunyai 40 dokcil. Para dokcil yang dipilih umumnya para siswa yang mempunyai prestasi baik di masing-masing kelasnya. “Mereka yang dipilih dari kelas IV, V, dan VI,” ucapnya. Namun dari semua yang diajukan, hanya mereka yang dianggap mampu yang akan dipilih.

Kepala SDN Cipondoh 3, Chustinah Wati mengaku semakin termotivasi untuk terus meningkatkan level mereka setelah menang tingkat kota. “Fokus kita saat ini mempertahankan pola hidup yang sudah kita jalani. Sembari meningkatkan segala sarana dan prasarana agar memenuhi standar sebuah sekolah yang sehat,” terangnya. Ia menjelaskan, ada tiga pokok utama yang pola hidup yang ia terapkan di SDN Cipondoh 3 kepada para siswa dan guru.

“Yang pertama adalah mewajibkan setiap anak membawa bekal makan dari rumah. Begitu juga dengan tempat makan dan minumnya, tujuannya untuk mengurangi sampah plastik,” jelas dia. Kedua, yaitu dengan membiasakan berolahraga pada pagi hari sebelum bel belajar berbunyi. “Dan yang ketiga yaitu mengutamakan kebersihan, terutama ketika di kamar mandi. Makanya seluruh kamar mandi dan wastafel yang ada kita lengkapi dengan sabun,” paparnya. (TANGERANGKOTA/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here