Japfa Salurkan Bantuan Korban Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah

0
188
Presslease

MAKASSAR, presidentpost.id – Dahsyatnya gempa dan tsunami yang mengguncang Sulawesi Tengah pada 28 September lalu menyebabkan ribuan korban meninggal dunia dan puluhan ribu lainnya mengungsi karena kehilangan tempat tinggal. Bantuan dalam bentuk apapun dari siapapun dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya di Palu, Donggala dan Sigi. Dengan itu, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui program JAPFA Peduli memberikan bantuan kemanusiaan berupa sembako, obat-obatan, dan kebutuhan tempat tinggal darurat.

Bantuan tersebut disalurkan melalui tiga gelombang, yakni pada tanggal 2 Oktober yang difokuskan untuk Palu dan Sigi, bantuan pada tanggal 4 Oktober yang digabungkan dengan bantuan dari Kementrian Pertanian yang selanjutnya didistribusikan ke Palu, serta bantuan pada tanggal 9 Oktober yang disebar ke 12 posko di Donggala, Palu, dan Sigi. JAPFA juga akan mendirikan posko bantuan induk di Sigi untuk memudahkan koordinasi dan posko kesehatan di Taipa, Palu Utara.

Untuk bantuan pada gelombang ketiga ini, JAPFA menyalurkan 500 paket selimut dan pakaian, 500 paket sembako, dan genset. JAPFA juga memberikan bantuan tempat tinggal darurat (shelter) berupa belasan tenda militer dari ukuran peleton hingga komando. Bantuan disalurkan melalui tiga gelombang untuk memastikan bantuan tersebar secara merata.

“Tujuan kami memberikan bantuan dalam tiga gelombang adalah agar bantuan dapat terdistribusikan dengan baik dan merata. Kami juga terus memantau bantuan apa saja yang dibutuhkan para pengungsi dari hari ke hari, dan dari disitulah sedapat mungkin kami memenuhi kebutuhan mereka,” terang R. Artsanti Alif, Head of Social Investment JAPFA di Makassar, Sulawesi Selatan (15/10).

Gempa besar 7,4 skala richter yang disusul tsunami mengguncang Donggala Sulawesi Tengah pada 28 September lalu. Selain Donggala, dahsyatnya gempa dan tsunami juga menghancurkan pemukiman di Palu dan Sigi. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sampai 7 Oktober lalu jumlah korban meninggal mencapai 1.649 orang dan 63.359 lainnya harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

“Langkah-langkah yang dilakukan oleh JAPFA tersebut merupakan wujud dari kepedulian sosial perusahaan. Bantuan ini tidak seberapa jika dibandingkan jumlah pengungsi dan besanya penderitaan para korban. Namun ini adalah bentuk kontribusi nyata kami, yang kami harapkan juga disusul oleh perusahaan-perusahaan lain untuk memberikan bantuan yang paling dibutuhkan oleh para korban dan pengungsi saat ini,” tutup Rachmat Indrajaya, Corporate Affairs Director JAPFA.

Tentang JAPFA

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perairan, serta produksi vaksin hewan. Diiringi dengan program-program CSR yang berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan visi perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.(PRS/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here