Jababeka Promosikan Pembangunan Morotai Melalui Budaya Khas Morotai

0
1203
Chairman dan Founder PT JababekaTbk., Dr. S.D. Darmono

JAKARTA, presidentpost.id – Jababeka melalui anak perusahaannya PT Jababeka Morotai berkolaborasi dengan KAUM Restaurant menghadirkan acara yang bertajuk “Jababeka Morotai Night”, Kamis (18/10).

Dengan keberagaman unik khas morotai yang berasal dari kombinasi unik dari berbagai macam suku asli dan pendatang, menghasilkan asimilasi mengagumkan dalam bentuk seni kuliner khas Morotai, terinspirasi dari penulusuran budaya yang dilakukan oleh tim eksplorasi The Sonne Active dan KAUM Restaurant. Mengundang lebih dari 100 tamu penting dari dalam dan luar negeri, yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Morotai.

Dalam keterangannya, Chairman dan Founder PT JababekaTbk., Dr. S.D. Darmono menyampaikan bahwa perlu dibangun hub seperti Singapura di timur Indonesia. Jenderal Mc Arthur menggunakan Pulau Morotai sebagai pangkalan militer dalam perang dunia II, dimana menurutnya jalur perang dan jalur dagang memiliki persamaan.

“Sehingga Pulau Morotai sangat strategis sebagai pintu gerbang Indonesia dari timur, yang menghubungkan Indonesia, China, Hongkong, Korea, Jepang, Filipina dengan Australia,”tambahnya.

Sementara Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama menyebutkan, “Kami ingin Morotai lebih dikenal oleh banyak orang dengan keberagaman dan keunikannya. Kali ini kami memperkenalkannya melalui seni kuliner khas Morotai. PT Jababeka ditunjuk oleh pemerintah sebagai penanggungjawab dan pengembang area terkenal dengan pantai dan pulau-pulau kecil ini. Dari situ kami melihat potensi besar dimana Morotai akan dikenal melalui sektor pariwisata.”

“Saat ini Morotai dipersiapkan menjadi destinasi kelas dunia, karenanya semua harus bisa dimaksimalkan terutama produk-produk lokal yang harus kita create menjadi international taste. Salah satunya adalah produk makanan lokal menjadi makanan internasional,” tambahnya.

Menurutnya masyarakat bukan menjadi penonton tetapi menjadi pelaku dalam kemajuan wisata baru hingga timbulah win-win solution. Kemajuan sektor pariwisata Morotai akan menjadi bahan bakar kuat untuk pembangunan infrastruktur daerah tersebut, sekaligus memberi lapangan kesempatan untuk masyarakat lokal ikut memiliki, menikmati, dan mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan.

Beliau menambahkan masyarakat Morotai harus turut serta dalam pembangunan pariwisata melalui kreasi produk lokal, sehingga mereka bisa ikut menikmati keuntungan dan sejahtera. Morotai merupakan bagian dari 10 Bali Baru, yaitu program pemerintah yang fokus membangun kawasan pariwisata seperti halnya Bali. Selain itu Morotai juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang terletak di timur Indonesia dan merupakan salah satu pulau terluar dengan keindahan dunia bawah lautnya.

Kawasan Ekonomi Khusus tersebut dipercayakan pemerintah kepada Jababeka yang dikelola oleh PT Jababeka Morotai. Yang turut mendorong perubahan status bandara menjadi internasional.

“Diharapkan tahun depan bandara tersebut sudah bisa disiapkan dengan rencana penerbangan Morotai-Jepang dan juga Morotai-Taiwan,” tutupnya.

Pandangan yang samajuga dikemukakan oleh CEO dan Founder dari The Sonne Active, pihak pelaksana dan pencanang kolaborasi antara PT. Jababeka dan KAUM Restaurant, Ibu Julia Margareth; “Sesuai dengan predikat yang diberikan oleh dunia, Morotai adalah Mutiara di bibir pasifik. Tersimpan potensi terpendam dalam Pulau Morotai, baik dalam bentuk kekayaan hayati, maupun kekayaan potensi setiap keberagaman manusia didalamnya. Merupakan tanggungjawab kita sebagai putera bangsa, setiap kolaborasi yang mengeluarkan mutiara terpendam morotai, dan meninggalkan jejak bagi generasi selanjutnya. Melalui kunci sektor pariwisata, otomatis cerminan perkembangan area ini juga terbuka bagi jendela dunia.

Motif penggerak kolaborasi inilah, yang menggerakan WIR Group, sebuah perusahaan anak bangsa, yang bergerak kuat dalam brand aktivasi dan teknologi, untuk ikut berperan dengan memberi supportnya.WIR melihat percepatan yang sangat besar bagi negara kepulauan ini, khususnya kepulauan morotai. Dari situlah perusahaan yang menjadi pelopor Augmented Reality di Indonesia ini memutuskan mengambil bagian dalam mendukung awereness dariMorotai.

Event kolaborasi bisa jadi penggerak awal untuk masyarakat secara pribadi mendapatkan esensi pentingnya pembangunan kepulauan morotai, sehingga generasi penerus Morotai selanjutnya juga memiliki kepercayaan diri bahwa tanah yang mereka pijaki adalah tanah pilihan, dan layak untuk dikembangkan secara luar biasa.(TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here