Mengidentifikasi Keterampilan untuk Masa Depan

0
152
president.ac.id

CIKARANG, presidentpost.id – Program Studi Teknik Industri menggelar seminar Engineering Jobs and Future Potential: Requirement Capability di Charles Himawan Auditorium, kampus President University, Jl. Ki Hajar Dewantara, Cikarang, Bekasi, Rabu (17/10).

Seminar dibawakan oleh Dr. Bagus Mahawan, Direktur & Founder PT Inovas Systems, sebuah perusahaan yang bergerak dalam layanan otomasi industri dengan basis aplikasi Information Technology (IT). Lebih dari 100 mahasiswa hadir dalam acara ini.

Dalam paparannya, Bagus Mahawan menguraikan tentang perjalanan perkembangan industri mulai dari era Industry 1.0 hingga 4.0, berikut dengan contoh-contohnya. “Dalam era Industry 4.0, Internet of Things atau IoT memainkan peran penting,” ujar Bagus. Ia juga memaparkan 12 teknologi yang bakal berperan penting dalam era Industry 4.0.

Lalu, bagaimana para calon mahasiswa mesti melengkapi dirinya? Ada 10 keterampilan baru yang mesti mereka miliki pada era di mana peran tenaga kerja manusia kian digantikan oleh robot, terutama robot pintar? Di antaranya, data analyst & scientistartificial intelligence & machine learning. Bagaimana dari sisi soft skills-nya?

president.ac.id

Menurut Bagus, ada empat aspek soft skills yang perlu dimiliki oleh mahasiswa, yakni Communication, CollaborationCritical Thinking dan Creativity. “Misalnya, dari sisi komunikasi, diperlukan mereka yang mampu menyampaikan dan berbagi pemikiran, gagasan dan solusi, serta terus bertanya-tanya,” ucap Bagus. Lalu, yang mahasiswa tak boleh abai adalah soal time management. Kata Bagus, “Waktu adalah aset yang tak tergantikan. Jadi, esensi time management adalah kemampuan kita dalam mengatur diri sendiri atau self management.”

Bagus juga berbagi pengalaman. Banyak di antara kita yang kalau ada problem sukanya menunda-nunda, melemparkan masalah ke pihak lain atau mengabaikannya. Atau, yang lebih parah adalah malah menciptakan problem baru. “Ini harus dihindari. Industri membutuhkan mereka yang bisa menjadi problem solver,” tegasnya.

Banyak tip sukses yang dibagikan Bagus Mahawan dalam sesi sharing-nya. Seminar interaktif pagi itu diakhiri dengan pemberian cindera mata dari Kaprodi Teknik Industri, Andira Taslim kepada Bagus Mahawan.

Sampai jumpa pada seminar berikutnya.

(PU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here