Dapatkan Green Card Melalui Investasi di Amerika Serikat

0
522

JAKARTA, presidentpost.id – Ada beberapa cara untuk mendapatkan tempat tinggal permanen atau Green Card di Amerika Serikat (AS), seperti keluarga yang terlebih dahulu menjadi warga negara di sana, visa untuk bekerja, visa yang diundi atau lottery visa, warga negara lain yang mencari perlindungan ke sana dan untuk investor.

Menurut Michael B. Dye dari The Law Office of Michael B. Dye, and Dye Global Immigration Pte. Ltd, undang-undang imigrasi AS menyediakan beragam pilihan bagi perusahaan dan individu Indonesia maupun AS untuk terlibat dalam perdagangan niaga. Ada 2 jenis visa yang dijelaskan; Visa Non-Imigran dan Visa Imigran.

Pada visa non-imigran terdapat Visa “B” yang merupakan jenis visa paling umum dimana fleksibilitasnya memungkinkan wisatawan mengunjungi AS untuk liburan serta berbisnis temporer seperti menghadiri konferensi, aktivitas komersial atau profesional. Juga pendirian kantor cabang perusahaan asing atau sekedar menyiapkan investasi di AS.

Perjanjian antara AS dengan hampir 80 negara di dunia memberikan kesempatan bagi individu maupun perusahaan untuk mendaftar kepada E-1 Treaty Trader dan E-2 Treaty Investor visa.  Visa E-1 atau E-2 adalah visa non-imigran dengan banyak kesamaan dengan status penduduk tetap yang sah. Indonesia dan AS tidak memilik perjanjian terkait dengan visa “E” namun orang Indonesia dapat mencari kewarganegaraan di negara asing seperti Montenegro atau Grenada (yang prosesnya cepat), dan kemudian baru mendaftar untuk visa E.

Sedangkan visa L-1 diperuntukkan bagi karyawan yang telah dipekerjakan oleh perusahaan asing multi-nasional yang membuka bisnis baru di AS atau mengirimkan karyawan perusahaan untuk bisnis yang telah berjalan atau pembukaan kantor baru.

Untuk visa “H” digunakan untuk para profesional termasuk pekerja sementara, perawat dan trainee. Status H dirancang untuk membantu pengusaha dengan kebutuhan mendesak akan tenaga kerja sementara.

Visa Imigran

Menurut Michael, visa imigran adalah visa yang dikeluarkan bagi pihak yang berniat tinggal permanen di AS (pemegang Green Card) disediakan bagi keluarga dekat warga negara AS atau penduduk tetap yang sah (LPR) di AS, atau yang bekerja di bidang di mana tidak terdapat orang Amerika dengan keterampilan memadai.

Michael menambahkan, “Pekerja Imigran harus memenuhi satu dari lima kategori preferensi, yakni pekerja bergelar profesional tingkat lanjut, pekerja trampil yang susah dicari, sarjana muda, pekerja keagamaan, serta investor imigran.”

“Visa EB-5 merupakan pilihan bagi pencari tempat tinggal permanen ( Green Card) dengan berinvestasi di AS. Jumlah dasar untuk berinvestasi senilai $ 1 juta, yang setara dengan $ 500.000  jika diinvestasikan padaTEA ( Targeted Employment Area ) atau di Pusat Regional yang ditunjuk oleh pemerintah AS,” tutupnya.(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here