Di Festival Pesona Lokal Jakarta, Jengkol Menjadi Primadona

0
107
Salah satu peserta Festival Kuliner, sedang memasak semur jengkol masakan khas dari DKI Jakarta.

Jakarta, presidentpost.id – Memiliki nama latin Archidendron pauciflorum, Jengkol atau jering menjadi primadona dalam sesi memasak di Festival Personal Lokal Jakarta. Festival Pesona Lokal digelar di Jakarta setelah sukses melakukan rangkaian kegiatannya di 9 kota di tanah air, antara lain Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontianak, Malang, Medan, Palembang, Festival Pesona Lokal mengakhiri turnya di Area Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dari pantauan redaksi presidentpost.id di lokasi, sesi acara yang dikemas menarik, mengusung tanaman jenis polong-polongan tersebut sebagai bahan utama dalam lomba memasak kali ini. Beberapa olahan yang dipadu padankan dengan jengkol, terlihat begitu menarik di tangan para penggiat kuliner. Bukan hanya masakan khas jengkol yang sudah dikenal seperti semur jengkol dan balado saja, jengkol yang memiliki aroma khas tersebut juga diolah menjadi masakan sushi khas Jepang.

Direktur Utama Adira Insurance, Julian Noor, saat mengunjungi peserta Festival Kuliner.

Dengan terampil para chief yang didominasi oleh para kaum milenial tersebut, berkreasi bagaimana jengkol dapat di olah sesuai dengan selera. Bukan hanya tampilan menggugah selera saja, tetapi tampilan yang lebih dengan nilai seni terlihat dari setiap olahan jengkol yang ada.

Salah satu peserta lomba, yang kali ini memasak semur jengkol mengatakan, jengkol yang memiliki bau khas dan terkadang membawa polusi di air seni, dapat disiasati dengan merendam jengkol dalam air beras selama semalaman. Setelah direndam semalaman, jengkol dapat diolah sesuai selera.

“Dengan merendam di air beras atau larutan kopi, polusi air seni yang didapat dari jengkol sudah hilang. Untuk memasak jengkol, tidak ada kata jengkol hancur atau rusak selama saya memasak jengkol,” ujar wanita yang membuka pesanan dan hantaran masakan khas Betawi tersebut.

Festival Pesona Lokal

Buah jengkol ternyata kaya akan kandungan gizi. Menurut sebuah penelitian, dari 100 gram biji jengkol terkadung 133 kkal energi, 23,3 gram protein, 20,7 gram karbohidrat, 240 Sl vitamin A, 0,7 mg vitamin B, 80 mg vitamin C, 166,67 mg fosfor, 140 mg kalsium, 4,7 mg zat besi, 49,5 gram air.

Dengan berbagai kandungan gizi yang dipunyai, dipercaya Jengkol mampu mencegah gangguan diabetes, menurukan kadar gula darah dan dapat menjaga kesehatan Jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air dan mengurangi ancaman banjir di suatu tempat.

Menyedot Perhatian Masyarakat

Festival Pesona Lokal Jakarta yang berlangsung cukup meriah dan menyedot perhatian masyarakat dan diperkirakan 10.000 pengunjung memadati acara dibuka oleh Gubernur DKI Jakarya, Anies Baswedan dan pejabat Adira, Dirut Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, beserta Direktur Utama Adira Insurance, Julian Noor.

Festival Mural di Festival Pesona Lokal Jakarta.

Acara yang dibuka dengan parade karnaval budaya ini juga diramaikan oleh lomba mural, lomba kreasi masakan daerah, dan lomba UMKM pasar rakyat yang dikuti lebih dari 10 ribu peserta.

Kegiatan ini bertujuan juga untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal suatu daerah yang juga dalam rangka memeringati HUT Adira Finance ke-28.

Acara Festival Pesona Lokal Jakarta ini pun dibuka oleh ratusan penari ondel-ondel, fashion show dari lini Nikocio yang diikuti lebih dari 7500 peserta yang mengenakan aneka macam baju adat dan alat musik tradisional, serta pertunjukkan seni khas budaya Betawi.

Pawai karnaval budaya tersebut akan melintasi Jalan Maltatuli, Jend. Sudirman, dan kembali ke Area Parkir Selatan GBK, dengan panjang rute kurang lebih 3,8 km.

Selain karnaval budaya, lomba mural dengan tema Pesona Kotaku, serta lomba kreasi masakan khas daerah dengan tema Semur Jengkol meramaikan Festival Pesona Lokal Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here