Berkat ‘Isi Piringku’ Kemenkes Raih Rekor Dunia

0
72
Kemenkes menerima penghargaan record Muri atas gagasan isi piringku dalam mengatur pola makan masyarakat Indonesia, yang diserahkan oleh CEO dan Penggagas MURI, Jaya Suprana kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Nila F Moeloek, di Gelora Bung Karno Jakarta.

Jakarta, presidentpost.id – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui salah satu programnya yakni ‘Isi Piringku’, menghantarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meraih record Muri yang diberikan secara langsung oleh CEO dan Penggagas MURI, Jaya Suprana kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Nila F Moeloek, di Gelora Bung Karno Jakarta.

Dalam mencapai record Muri tersebut, sebanyak 3.284 orang ikut makan bersama sesuai Isi Piringku. Porsi Isi Piringku yang dianjurkan Kemenkes adalah Makanan pokok (sumber kabohidrat) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring.

Lauk pauk (sumber protein) dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Sayur-sayuran (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring dan buah-buahan (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring.

“Target untuk mencapai Muri sebenarnya hanya butuh 2200 orang, tetapi target tersebut terlampaui, di mana peserta yang mengikuti penilaian ini mencapai 3.824 orang. Ini bukan hanya record Muri saja, tetapi sudah record dunia karena di seluruh dunia tidak ada record isi piringku,” ujar Jaya, saat menyerahkan sertifikat record Muri kemapada Menkes, Minggu (18/11).

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengharapkan dengan digelarnya makan bersama yang diikuti ribuan orang ini dapat meningkatkan pemahaman tentang porsi makan yang ideal.

“Kita harapkan seluruh masyarakat Indonesia tahu dengan isi piringku untuk kita wujudkan bangsa Indonesia sehat, kuat, dan berdaya saing,” kata Menkes, di mana kesempatan ini merupakan puncak HKN ke-54.

Menkes menjelaskan interpretasi dari tema HKN ke-54 “Ayo Hidup Sehat Mulai dari Diri Sendiri” bisa dimaknai bahwa sehat dimulai dari isi piringku, yakni apa yang dimakan sehari-hari.

“Kita bisa mendapatkan kesehatan dimulai dari apa yang kita makan,” ucap Menkes.

Jaya untuk ke sekian kalinya menyampaikan penghormatan dan penghargaan kepada Menkes atas perjuangannya dalam meningkatkan kesehatan warga Indonesia.

“Masalah kesehatan langsung terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Saya lihat ibu (Menkes) selalu gigih dan fokus meningkatkan kesehatan,” kata Jaya Suprana.

Jaya menilai gerakan makan sesuai porsi Isi Piringku merupakan hal yang baik sekali. Itu yang menjadi alasan dirinya memberikan piagam Rekor MURI kepada Menkes.

“Gerakan ini (makan sesuai Isi Piringku) bagus sekali, maka MURI menganugerahkan piagam penghargaan Rokor Dunia. Karena saya belum dengar gerakan isi piringku di negara lain,” kata Jaya.

“Terima kasih atas pengakuan yang diberikan. Saya ucapkan terima kasih khususnya kepada seluruh warga besar Kemenkes, khususnya dr. Anung Sugihantono, M. Kes, yang pertama kali melontarkan gagasan isi piringku (sekarang Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit). Semoga hal ini menjadi amal baik dan mendapat balasan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here