4 Tahun di Indonesia, Chemarome Terus Berkembang

0
876

JAKARTA, presidentpost.id – Chemarome merupakan perusahaan internasional berumur 20 tahun yang berkantor pusat di Barcelona dan mulai merambah Indonesia sejak 4 tahun yang lalu. Perusahaan yang fokus dibidang aroma dan wewangian tersebut tidak hanya memproduksi bibit wewangian dari luar negeri saja, namun juga membuat dan mengembangkan wewangian sendiri.

Berikut adalah hasil wawancara kami dengan Managing Director PT Chemarome Indonesia, Shanon Prita, di President Lounge, Menara Batavia, Kamis (24/1).

Perusahaan yang memiliki pabrik seluas 1.700 m2 di Jababeka tersebut memiliki target ke manufaktur produsen pembuat personal care, pembuat parfum dan untuk retailnya ke bisnis pembuat parfum isi ulang. “Perusahaan kami B to B dalam menyediakan bibit parfum, jadi bukan membuat produk akhir untuk konsumen.”

Menurutnya, perusahaan dengan 75 karyawan tersebut lebih banyak ekspor daripada pemenuhan pasar lokal. “Saat ini komposisinya adalah 70 persen ekspor dan 30 persen pasar lokal. Tidak hanya untuk lokal Indonesia saja, saat ini kita juga men-cover untuk pangsa pasar di negara-negara Asia dan Middle-East. Untuk Middle-East bisa sampai 7 ton per bulan, Sri Langka 3 ton per bulan dan Thailand 2 ton per bulan. Middle-East inginnya kita yang suplai daripada dari Barcelona karena lebih murah ongkos distribusinya dari Indonesia.”

Shanon menyebutkan perusahaan-perusahaan besar telah bekerja sama dengan Chemarome seperti Paragon, Body Shop dan Orang Tua.

Di library Chemarome Indonesia saat ini ada 30 ribu macam wewangian, dikarenakan banyaknya kombinasi wangi yang bisa dihasilkan dan keinginan konsumen yang berbeda-beda pula. “Kalau ada konsumen kami yang datang minta wewangian fresh, fresh itu ada banyak bisa ocean, bisa mountain, bisa juga embun di pagi hari.”

Menurut Shanon, dalam kurun waktu lima tahun terakhir pertumbuhan bisnisnya berkembang cukup pesat hingga mencapai 70 persen per tahun. Selain itu, perusahaan yang satu-satunya memiliki core business wewangian di Indonesia ini juga telah mengantongi berbagai sertifikasi antara lain ISO 9001, GMP, dan Halal MUI.

“Harga kami yang sangat kompetitif dengan demand yang terus meningkat membuat pertumbuhan bisnis kami hingga dua digit. Oleh karena itu, kami akan terus berbenah agar target pertumbuhan kami ditahun ini semakin signifikan,” kata Shanon.

Dikarenakan pertumbuhan yang pesat tersebut, Chemarome melakukan ekspansi, “Kita akan kembangkan pabrik baru seluas 2.800 m2 di area yang sama namun beda lokasi, dikarenakan pabrik kami yang pertama sudah kewalahan dalam memenuhi permintaan dari Middle-East,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here