Alibaba Group Umumkan Laporan Keuangan Kuartal Desember 2018

0
105

HANGZHOU, presidentpost.id – Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA) mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal yang berakhir pada 31 Desember 2018.

“Alibaba kembali menunjukkan kinerja yang kuat di kuartal ini. Kinerja operasonal dan keuangan kami merefleksikan fokus kami untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan dan pengalaman bagi hampir 700 juta konsumen dari seluruh bisnis kami, mulai dari usaha retail, hiburan digital dan layanan lokal,” ujar Daniel Zhang, Chief Executive Officer Alibaba Group.

Dia melanjutkan, “Pertumbuhan kami juga digerakkan oleh kekuatan teknologi komputasi awan dan data Alibaba yang membantu transformasi digital jutaan pelaku usaha.”

“Di kuartal yang berakhir bulan Desember ini, kami mencatatkan pertumbuhan yang kuat sebesar 41% year-on-year,” ujar Maggie Wu, Chief Financial Officer Alibaba Group.

Ia juga menambahkan, “Profitabilitas dari usaha perdagangan utama kami, sebagaimana diukur di EBITA yang disesuaikan, adalah RMB54,3 miliar (US$7,9 miliar), atau tumbuh 31% year-on-year. Profitabilitas dan arus kas bebas sejumlah US$7,5 miliar dalam kuartal ini memungkinkan kami untuk berinvestasi pada usaha-usaha strategis penting lainnya dan teknologi untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kami.”

Pada kuartal yang berakhir pada 31 Desember 2018:

· Pendapatan adalah sebesar RMB117.278 juta (US$17.057 juta), atau meningkat 41% year-over-year (yoy).

· Pendapatan dari usaha perdagangan utama meningkat 40% yoy menjadi RMB102.843 juta (US$14.958 juta)

· Pendapatan dari usaha komputasi awan meningkat 84% yoy menjadi RMB6.611 juta (US$962 juta).

· Pendapatan dari usaha media dan hiburan digital meningkat 20% yoy menjadi RMB6.491 juta (US$944 juta)

· Pedapatan dari berbagai inisiatif inovasi dan lainnya meningkat 73% yoy menjadi RMB1.333 juta (US$193 juta).

 · Jumlah konsumen aktif tahunan di marketplace retail kami di Tiongkok adalah 636 juta, meningkat 35 juta dari periode 12 bulan yang berakhir pada 30 September 2018.

· Pengguna aktif bulanan via mobile di marketplace retail Tiongkok mencapai 699 juta per Desember 2018, meningkat 33 juta dibandingkan September 2018.

· Penghasilan dari operasional adalah RMB26.798 juta (US$3.898 juta), meningkat 3% yoy. EBITDA yang disesuaikan meningkat 13% yoy menjadi RMB40.708 juta (US$5.921 juta).

· EBITA yang disesuaikan dari usaha perdagangan utama adalah RMB46.079 juta (US$6.702 juta), meningkat 20% yoy. EBITA yang disesuaikan dari marketplace berbasis perdagangan utama, pengukuran non-GAAP, meningkat 31% year-over-year menjadi RMB53.303 juta (US$7.898 juta)

· Penghasilan bersih yang berhubungan dengan pemegang saham biasa sebesar RMB33.052 juta (US$4.807 juta), dan penghasilan bersih sebesar RMB30.964 juta (US$4.504 juta), atau setara dengan peningkatan yoy masing-masing sebesar 37% dan 33%.

· Penghasilan bersih non-GAAP sebesar RMB29.797 juta (US$4.334 juta). EPS terdilusi sebesar RMB12,64 (US$1,84) dan EPS non-GAAP terdilusi sebesar RMB12,19 (US$1,77).

· Kas bersih dari aktivitas operasional sebesar RMB64.898 juta (US$9.439 juta) dan arus kas bebas non-GAAP sebesar RMB51.373 juta (US$7.427 juta)

Tentang Alibaba Group – Misi Alibaba Group adalah memudahkan masyarakat untuk berbisnis di manapun dan memiliki tujuan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan hingga 102 tahun. Untuk tahun fiskan yang berakhir 31 Maret 2018, perusahaan membukukan pendapatan sebesar USD39,9 miliar. (pressrelease.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here