Kementerian Keuangan Libatkan Generasi Muda Untuk Edukasi Kebijakan Keuangan Negara

0
337

JAKARTA, presidentpost.id – Kementerian Keuangan Republik Indonesia terus berkomitmen penuh untuk terus meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, akan kebijakan keuangan negara. “Di tengah cepatnya kemajuan teknologi dan pertumbuhan populasi generasi muda usia produktif, kami terus berupaya untuk mencari ide dan inovasi terkini guna membantu penyusunan kebijakan yang lebih transparan serta memberikan ruang edukasi untuk publik. Dengan demikian pemerintah dapat bekerja secara maksimal dengan melibatkan partisipasi publik,” papar Mohamad Al-Arief, Staf Khusus, Kementerian Keuangan RI.

Sayangnya, jumlah populasi generasi muda khususnya mahasiswa saat ini tidak berbanding lurus dengan besarnya pengetahuan, peran, dan partisipasi mereka dalam isu-isu kebijakan publik. Menyadari penuh akan hal tersebut, Kementerian Keuangan Republik Indonesia melakukan kolaborasi lintas sektor untuk meningkatkan perhatian, ketertarikan, dan pemahaman generasi muda akan kebijakan keuangan negara.

Kolaborasi lintas sektor tersebut terwujud dengan Kalibrr dan Accenture untuk menggelar acara kompetisi hackathon berskala nasional yang berjudul “Generasi #UangKita.” Acara tersebut bertujuan untuk menyatukan pemuda Indonesia yang memiliki visi dan semangat tinggi untuk memajukan bangsa melalui ide dan solusi inovatif berbasis teknologi. Mereka ditantang untuk mendesain, mengeksekusikan, dan mengomunikasikan sebuah wadah edukasi berupa digital application dan marketing plan yang berdampak positif guna meningkatkan pemahaman milenial tentang kebijakan keuangan pemerintah.

Kompetisi Hackathon Generasi #UangKita ini akan mengumpulkan generasi muda yang unggul di beragam bidang yang terbagi dalam tiga archetypes, yakni: hustler, hacker, dan designer. Lebih lanjut, ketiga archetypes akan mendapatkan kesempatan pendampingan dari perwakilan kementerian dan pakar pemain industri teknologi. Tidak hanya itu saja, mereka berhak mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan ide inovatif dan solusi teknologinya kepada para penyusun regulasi di Kementerian Keuangan. Diharapkan solusi teknologi dan ide inovatif terbaik akan menjadi masukan untuk Kementerian Keuangan dalam merancang program komunikasi ke generasi milenial.

Registrasi online Generasi #UangKita telah dimulai sejak 1 Januari 2019 hingga 31 Oktober 2019 melalui laman resmi Kalibrr. Kementerian Keuangan bersama Kalibrr dan Accenture yang nantinya akan secara langsung menyeleksi dan mengumumkan ke-30 kandidat terpilih dalam final kompetisi hackathon pada tanggal 1 sampai 3 Maret 2019.

“Para kandidat dan mahasiswa dapat mengakses laman resmi Kalibrr dihttps://kalibrr.me/GenerasiUangKita untuk mempelajari proses administrasi dan dokumen yang diperlukan serta online test yang harus ditempuh untuk menjadi finalis Generasi #UangKita,” papar Sanuk Tandon selaku Managing Director di Kalibrr Indonesia.  Menurutnya, generasi muda harus memanfaatkan kesempatan ini guna melatih keahlian personal dan professionalnya agar terbiasa pada kolaborasi kerja efektif untuk karir di masa depan.

Inilah saatnya generasi milenial Indonesia untuk menjadi Generasi #UangKita! Mari kenali, kelola, dan awasi kebijakan keuangan negara agar menjadi pelaku pembangunan di masa ini dan masa depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here